09 Shawwal 1439 / Sabtu, 23 Juni 2018 / شنبه, ۰۲ تیر ۱۳۹۷

Tips Menyambut Tahun Baru Islam Untuk Perbaikan Diri

  • Written by  Ariyanto, seorang pembelajar yang ingin terus belajar. Baginya, membaca dan menulis adalah salah satu jalan mencari dan menemukan serta membagikan kebaikan. Penulis lepas di Lebaran.com
  • Sabtu, 26 Oktober 2013 04:03
  • font size decrease font size decrease font size increase font size increase font size
  • Print
  • Email
Tahun Baru Islam 1435 H | LeKartu - Kartu Islam dari Lebaran.com Tahun Baru Islam 1435 H | LeKartu - Kartu Islam dari Lebaran.com

Lebaran.com – Tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram 1435 Hijriah sebentar lagi akan kita peringati. Ada banyak tradisi di Indonesia yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Islam ini. Meski masih terdapat perbedaan pendapat antara yang memperbolehkan perayaan tahun baru Islam, dan ada yang tidak memperbolehkan perayaan tersebut.

 

Untuk mewujudkan sikap kehati-hatian, bagaimana jika kita menyambut tahun baru Islam ini dengan beberapa cara berikut ini :

Mempelajari Hijrah Nabi

 

Sekarang ini kita lebih banyak mengetahui tokoh-tokoh Internasional yang tidak mengenal Islam, daripada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Dengan mempelajari kisah-kisah hijrah Nabi Muhammad yang dilakukan pada tahun pertama Hijriah, semoga muncul kecintaan yang mendalam terhadap Rasulullah, hingga kita berusaha untuk mengaplikasikan contoh dari Nabi Muhammad dalam kehidupan kita.

 

Menghindari Kesia-siaan

 

Membeli mercon atau petasan untuk meramaikan tahun baru Islam, adalah salah satu contoh perbuatan yang bisa menjadi kesia-siaan, karena tidak ada manfaat yang bisa kita ambil atas perayaan berlebihan seperti itu. Dan hal seperti itu pun tidak menunjukkan kecintaan kita terhadap Islam.

Pawai beramai-ramai di jalanan besar, juga sebaiknya sobat hindari. Selain dikhawatirkan termasuk kedalam perbuatan yang meniru-niru umat lain (dalam hal perayaan),  tentu saja hal itu bisa mengganggu ketertiban umum di jalanan. Pawai beramai-ramai, tanpa mempedulikan aturan lalu lintas, bisa membahayakan diri kita dan orang lain.

 

Perbanyak ibadah

Banyak semangat yang bisa kita ambil dari perjalanan Hijrah Rasulullah, sehingga sepantasnya kita peringati dengan semakin mewujudkan kecintaan kita terhadap Allah Ta’ala dan RasulNya. Meningkatkan ibadah yang wajib, dan menjalankan ibadah yang sunnah salah satunya adalah dengan berpuasa tanggal 9 dan 10 Muharram.

 

Evaluasi diri, dan membuat resolusi baru

Daripada membahayakan diri dan orang lain di jalanan, lebih baik kita gunakan saja untuk selalu mengevaluasi diri sendiri. Apa yang sudah kita capai sejauh ini, apa yang harus diperbaiki dari setahun ke belakang, apa pula yang ingin kita capai setahun kedepan. Dengan itu, semoga kita semakin termovitasi untuk meninggalkan apa yang buruk di tahun lalu, dan semakin memperbaiki upaya untuk pencapaian yang lebih baik di tahun baru 1435 Hijriah.

Semoga kita terhindar dari perbuatan sia-sia yang tidak disukai Allah Ta’ala. Aamiin

Tentang Komentar Kawan Semua:

Lebaran Api Media Indonesia (LAMI), Inc & Lebaran.com ("KAMI") sangat senang Kawan ("Anda" "Kawan") memberikan komentar di situs Lebaran.com. Tetapi, kembali Kami harus memberikan peraturan-peraturan utk keamanan dan kenyamanan Anda sehingga bisa menikmati situs Lebaran.com dengan baik dan benar.


Peraturan utk berkomentar sesuai dengan "Syarat & Kondisi" yang ada di halaman Syarat & Kondisi. (Kami sangat mengharapkan Kawan membacanya terlebih dahulu, jika Kawan memutuskan utk tidak membacanya, Kami menganggap secara langsung dan tidak langsung Kawan setuju dengan "Syarat & Kondisi" tersebut.)


Jika Kawan memberikan komentar, peraturan diatas berlaku secara langsung. Terima kasih.


Kami tunggu komentar-komentar dari Kawan semua! Selamat Berkomentar!

Last modified on Sabtu, 26 Oktober 2013 04:15

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com