29 Dhu al-Qi'dah 1438 / Selasa, 22 Agustus 2017 / سه شنبه, ۳۱ مرداد ۱۳۹۶

Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 98

Meraih Singgasana Terbaik

Lebaran.com - Malam itu, rencana pembunuhan Rasulullah saw. dimatangkan. Tim eksekusi telah bersiap menyerang. Namun ibarat peribahasa, keburukan pasti akan nampak dan kebenaran pasti menang. Informasi tersebut telah diperoleh Rasulullah. Mengetahui hal itu, Beliau menyiapkan rencana untuk menghindari serangan. Mengetahui malapetaka akan menimpa Rasul, Ali ra. yang masih sangat muda tidur di kamar Rasul, serta memakai mantel beliau. Sehingga, para pembunuh akan terkecoh dan mengira yang tidur dikamar tersebut adalah Rasululllah. Setelah rencana penyamaran dimatangkan, Rasulullah bergegas pergi keluar Makkah didampingi sahabatnya, Abu bakar ra.

Malam semakin larut dan perjalanan Rasul telah dimulai. Sementara, para pembunuh menyerang kedalam rumah. Betapa terkejutnya mereka, ketika yang dijumpai disana bukanlah Nabi. Melainkan seorang laki-laki belia yang sama sekali bukan target sasaran. Sementara itu, mereka telah tertinggal satu malam perjalanan dari Rasulullah.

Dalam perjalanan, mereka berdua singgah di gua Tsur. Lalu, tidak berapa lama datanglah seorang pemuda menyelinap diam-diam keluar Makkah. Ia bertujuan menyampaikan rencana jahat kafir Quraisy yang akan mengejar dan membunuh Rasul keesokan harinya. Mengingat rencana jahat tersebut, bulu kuduknya merinding. Abdullah bin Abu Bakar, nama pemuda itu, mempercepat langkahnya menuju gua Tsur. Bagaimanapun, ia harus mengabarkan berita tersebut dan sudah harus kembali ke Makkah sebelum fajar tiba.

Alkisah, Perjalanan sejauh 600 kilometer menuju Madinah dapat mereka tempuh dengan selamat. Sejak hari itu, dapat dipastikan, bahwa wajah dunia berubah dari kegelapan menuju kecemerlangan. Karena di Madinah itulah, peradaban Islam bermula. Dari sana, kehidupan manusia menjadi sesuai dengan kodratnya. Jalan menuju kebahagiaan serta makna kehidupan mulai diajarkan, dan islam pun hadir diseluruh dunia.

Ya, itulah kisah hijrah Rasulullah Muhammad saw. Berbagai rintangan yang beliau hadapi sejak rencana hijrah hingga sampai di Madinah. Pengorbanan yang begitu besar juga diberikan oleh para sahabatnya. Mulai dari Ali yang menggantikan beliau ditempat tidurnya, juga Abu bakar yang melindungi perjalanannya menuju Madinah. Belum lagi Abdullah bin Abu bakar dengan misi ‘intelijen’nya.

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Itulah kata peribahasa. Pengorbanan untuk meraih kebahagiaan adalah keniscayaan. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan. Maka, perjuangan hijrah Rasulullah inilah yang menjadikan mereka layak untuk memperoleh pertolongan Allah berupa kemenangan Islam. Kesetiaan para sahabat kepada Rasul, merupakan bentuk kontribusinya. Dan tahukah anda, apa balasan bagi kontribusi itu? Ya, surga firdaus yang disana kebahagiaan tidak pernah berujung pada kepuasan.

Peristiwa hijrah ini, diabadikan oleh Khalifah Umar ra. sebagai peristiwa yang menandai pergantian tahun bagi kaum muslimin. Generasi yang lahir senantiasa memunculkan kontribusi gemilang. Tahun yang terus berlalu dari peristiwa hijrah, telah sampai pada kali ke 1434. Dan tidak lama lagi, tahun ini akan berganti menuju 1435 Hijriah. Jika dirasa belum ada kontribusi, maka inilah saat bagi manusia untuk melakukan evaluasi diri. Tentu, evaluasi kurang lengkap jika tidak didampingi taubat. Dan sebelum hari pertama di tahun baru hijriah dimulai, hendaknya rencana-rencana cemerlang sudah disiapkan. Pastinya, ini bukan untuk siapa-siapa kecuali anda. Tergantung seberapa besar kontribusi yang anda berikan. Jika Ali dan Abu bakar sudah berkontribusi dengan hidupnya, apa yang akan anda tawarkan kepada Allah, agar Dia menempatkan anda di singgasana yang sama seperti mereka? Jika tidak, bisa jadi surga yang anda idamkan hanyalah mimpi.

Last modified on Ahad, 27 Oktober 2013 05:15

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com