01 Dhu al-Hijjah 1438 / Kamis, 24 Agustus 2017 / پنجشنبه, ۰۲ شهریور ۱۳۹۶

Error
  • JUser: :_load: Unable to load user with ID: 98

Menanam Benih Perubahan

Lebaran.com - Setiap hari kita senantiasa menyadari bahwa jarum jam terus berputar. Pun dengan perjalanan matahari mulai terbit hingga tenggelamnya. Hari-hari yang telah berlalu, tak terasa menjadi pergantian tahun demi tahun. Semua terasa berjalan begitu cepat hingga tak disadari bahwa manusia pun semakin bertumbuh serta menjadi dewasa. Begitu pula dengan kondisi disekitar, baik itu lingkungan ataupun orang-orangnya.

Terasa atau tidak, yang pasti kondisi dan waktu akan terus bergulir. Beberapa perubahan dan peningkatan pengetahuan, mau tidak mau juga harus kita ikuti. Sebagai contoh, apabila dunia perdagangan saat ini membutuhkan kecepatan transaksi melalui teknologi informasi, maka mau tidak mau, ketrampilan itu juga perlu dimiliki. Bayangkan, apa yang terjadi kalau semua orang dapat bertransaksi dalam hitungan detik, sementara kita masih membutuhkan waktu berhari-hari?

Perubahan dalam kehidupan memang memaksa manusia untuk terus melakukan peningkatan. Dan hal itu harus disadari. Namun dalam kenyataannya, selalu saja ada batas-batas penghalang yang mencegah untuk menjadi lebih baik. Entah itu berupa keadaan sekitar, maupun bisikan-bisikan yang membuat mental tersungkur. Misalnya saja saat seseorang berusaha untuk beribadah lebih baik, ada orang yang mengatakan, “alaah,, kamu kan masih muda. Hidupmu masih lama, ibadah kan bisa nanti aja kalau udah tua? Emang habis sholat dapet duit?” atau mungkin saat kita memiliki impian besar, ada yang menakut-nakuti, “Bukannya aku nggak mendukung, tapi apa impianmu nggak terlalu tinggi? Yang realistis lah….” serta kalimat lain yang membuat kita melemah.

Namun apabila kita menengok sejarah, akan didapati bahwa Rasulullah dan para sahabat adalah orang-orang yang selalu optimis dalam menghadapi segala problematika. Mereka senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas diri. Disamping itu, Rasulullah juga mengatakan bahwa orang yang hari ini sama dengan hari kemarin adalah orang yang rugi. Orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, adalah orang yang celaka. Tetapi, orang yang hari ini lebih baik dari kemarin adalah orang yang beruntung. Karena itulah, umat Islam pada saat itu tetap eksis dan tidak tersingkir.

Hal itu berarti, adanya gangguan atau tidak, adanya penghalang atau tidak, peningkatan diri harus terjadi setiap saat. Jika saat ini kaum muslimin sudah menginjak di tahun ke 1434 Hijriah, maka itu artinya kita harus lebih baik 1434 kali lipat dibandingkan para sahabat yang melakukan hijrah di tahun pertamanya. Dan di tahun 1435 H, umat Islam juga harus lebih baik selangkah dibandingkan tahun ini.

Penghalang dan gangguan menuju peningkatan diri adalah godaan dari syaithan yang terkutuk. Allah pun telah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk melawan tipu dayanya. Karena memang ia telah dinobatkan menjadi musuh yang nyata bagi mukminin. Sekarang tinggal kita yang memilih, menjadi generasi terbaik umat dengan terus melakukan perbaikan, atau sebaliknya. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Yang jelas, semua hal tidak akan berubah sebelum kita berubah. Semua tidak akan menjadi lebih baik, sebelum kita menjadi lebih baik. So, merencanakan peningkatan di tahun mendatang, kenapa tidak?

Last modified on Ahad, 27 Oktober 2013 05:17

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com