05 Shawwal 1439 / Selasa, 19 Juni 2018 / سه شنبه, ۲۹ خرداد ۱۳۹۷

Hal Penting Dari Hijrah, Sebuah Titik Balik Peradaban

Illustrasi Hal Penting Dari Hijrah, Sebuah Titik Balik Peradaban Illustrasi Hal Penting Dari Hijrah, Sebuah Titik Balik Peradaban

Lebaran.com – Makna dari Hijrah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Makkah ke Madinah, sebenarnya tidak hanya terhubung dengan umat Islam semata, atau hanya terhubungkan dengan dinamika sosial dan politik di Arab atau Timur Tengah. Tetapi memiliki pengaruh terhadap perubahan peradaban di seluruh dunia.

Hijrah Nabi menyimbolkan sebuah perubahan, migrasi dari satu era ke era yang lainnya, Makkah dan madinah. Hijrah merupakan proses transisi kehidupan umat Islam yang akan terus berlaku.Beberapa transisi atau perubahan yang terjadi pada masa hijrah :

•    Transisi dari pihak yang lemah. Dimana umat Muslim yang berada di Makkah semakin mendapat tekanan dari orang-orang kair Quraisy di Makkah. Mereka disiksa, dibunuh, dan dipermalukan. Tetapi umat Islam mampu bangkit dari kondisi kelemahan tersebut menjadi posisi yang kuat kemudian hari.

•    Perubahan dakwah yang tadinya hanya dilakukan secara individu, menjadi terorganisir dengan baik, dilembagakan, dan didukung oleh Pemerintahan.

•    Perubahan atas umat Islam, dari sekelompok kecil yang selalu diapit oleh musuh dengan kekuatan penuh, menjadi sebuah kekuatan yang besar dengan kepemimpinan yang terpusat. Memiliki dukungan dan pengikut yang besar.

•    Transisi dari wilayah dakwah yang tadinya hanya berada di Makkah dan suku-suku sekitar, diperluas hingga menjangkau Persia, Mesir, dan Bizantium.

•    Perubahan dari sekelompok orang-orang Muslim sederhana yang bermodal kepercayaan, menjadi sebuah negara Islam yang lebih terorganisir, dengan kepemimpinan pusat.

•    Transisi bagaimana Islam menjadi way of life atau jalan hidup, bukan sekedar agama untuk beribadah. Tetapi meliputi berbagai aspek kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya. Islam menjadi agama yang komprehensif.

Dalam Al Quran, juga dibedakan antara ayat-ayat yang diturunkan di Makkah, serta ayat yang turun di Madinah. Surat yang turun di Makkah atau sebelum hijrah, biasanya disebut dengan Surat Makiyah, sedangkan setelah hijrah dan diturunkan di Madinah, disebut Surat Madaniyah. Ada beberapa perbedaan mendasar yang terdapat dalam kedua surat berdasarkan waktu dan tempat turunnya tersebut, yakni mengenai isi dari ayat Alquran itu sendiri. Surat Makkiyah, lebih banyak berisi tentang nasihat, bimbingan, sejarah umat terdahulu, yang terfokus pada akidah dan tauhid. Sementara Surat Madaniyah, lebih banyak berisi tentang kehidupan sosial, kehidupan Islam pada umumnya. Hijrah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dilakukan pada tahun pertama Hijriah, merupakan pelajaran agar kita terus berbenah dan berubah ke arah yang lebih baik. Aamiin.

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com