28 Dhu al-Qi'dah 1438 / Senin, 21 Agustus 2017 / دوشنبه, ۳۰ مرداد ۱۳۹۶

Spesialnya bulan Muharram, Tahun Baru Islam

Illustrasi Spesialnya bulan Muharram, Tahun Baru Islam Illustrasi Spesialnya bulan Muharram, Tahun Baru Islam

Lebaran.com – Bulan Muharram, adalah bulan spesial karena merupakan bulan pertama dalam penanggalan Islam, yakni Hijriah. Penanggalan Islam ditetapkan pada masa Khalifah Umar bin Khattab yang mendapat saran dari sahabat Nabi lainnya, Ali bin Abi Thalib sekaligus menantu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pada masa itu terdapat kebingungan umat Muslim terkait dengan penanggalan yang berbeda-beda. Karena ada sebagian yang menggunakan penanggalan tahun gajah, ada pula yang yang menggunakan penanggalan berdasarkan hijrahnya Nabi ke Madinah. Sejak penanggalan tersebut ditetapkan, urusan administrasi pun menjadi lebih mudah, karena semuanya secara seragam menggunakan dasar penanggalan yang sama. Tetapi selain memudahkan penanggalan bagi umat Islam, tahun hijriah juga memiliki sejarah penting serta nilai tersendiri. Bulan Muharram, adalah bulan pertama dalam tahun Hijriah yang akan tiba sebentar lagi. Bulan tersebut merupakan salah satu dari 4 bulan haram (bulan yang dihormati). Ketiga lainnya yaitu Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Rajab. Pada keempat bulan haram tersebut, umat Islam dilarang berperang.

Dalam QS. At-Taubah ayat 36, juga disebutkan mengenai keistimewaan 4 bulan haram yang salah satunya adalah Muharram. Yakni jangan menganiaya diri sendiri. Pemaknaannya memang bisa luas, tetapi secara awam kita bisa memetik sebuah hikmah bahwa kita harus menyambut Tahun Baru Islam di bulan Muharram ini dengan semangat perdamaian dan kerukunan. Seperti yang disampaikan pula oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada khutbah haji wada, Beliau berpesan agar umat Islam tidak saling bermusuhan, melakukan kekerasan, ataupun berperang satu dengan yang lainnya. Apalagi ada puasa As Syura, yang kita disunnahkan untuk berpuasa didalamnya. Menyambung puasa tanggal 9 dan 10 Muharram adalah salah satu kebaikan yang bisa kita dapatkan, dan berlatih mengendalikan diri, serta memupuk cinta dan perdamaian antar sesama.

Maka kita yang mengaku Islam, mencintai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sudah seharusnya meniru dan apa yang telah dilakukan Nabi. Menebarkan kebaikan dan kedamaian di lingkungan sekitar, dan dimanapun berada. Apalagi dengan sesama Muslim. Dewasa ini kita masih sering mendengar berita mengenai tawuran antar kampung, antar ormas, bahkan pelajar yang masih berseragam. Semoga di tahun baru Islam 1435 Hijriah ini, kita bisa memulai semangat hidup dengan rukun dan damai dari diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan masing-masing. Aamiin.

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com