29 Dhu al-Qi'dah 1438 / Selasa, 22 Agustus 2017 / سه شنبه, ۳۱ مرداد ۱۳۹۶

Menyambut Tahun Baru Islam, “Jangan Hilang Harapan”

  • Written by  Ariyanto, seorang pembelajar yang ingin terus belajar. Baginya, membaca dan menulis adalah salah satu jalan mencari dan menemukan serta membagikan kebaikan. Penulis lepas di Lebaran.com
  • Selasa, 05 November 2013 01:15
  • font size decrease font size decrease font size increase font size increase font size
  • Print
  • Email
Semangat, Tahun Baru Islam 1435 H | LeKartu dr Lebaran.com Semangat, Tahun Baru Islam 1435 H | LeKartu dr Lebaran.com

Lebaran.com – Harapan, adalah sebuah kata yang mungkin seringkali kita dengar. Harapan juga menjadi penyambung antara keadaan, keinginan, doa, dan kenyataan. Harapan juga sering diibaratkan menjadi sebuah doa bagi Sang Pencipta. Bahkan, banyak yang bilang bahwa manusia yang sudah tidak punya harapan tak ubahnya seperti mayat berjalan.

Kehidupan yang mungkin semakin pelik dengan segala kesibukannya, memang terkadang memunculkan keputus asaan serta hilang tumbuhnya sebuah harapan. Harapan untuk perbaikan diri, keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Terlebih ketika memasuki lingkung yang lebih besar, yakni tempat dimana kita berpijak, Indonesia.

Pemberitaan negatif yang kita terima setiap hari, kasus demi kasus yang mencoreng Ibu Pertiwi, seolah semakin menipiskan harapan bagi anak-anak bangsa ini, bahwa akan hadir Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang bermartabat dan terhormat.

Salah siapa kalau sudah begini?

Kita yang dibawah, kebanyakan hanya bisa menyalahkan yang diatas, menyalahkan para tokoh dan pejabat yang memangku jabatan dengan tidak amanah. Sementara kita sendiri juga belum bisa melakukan perubahan terkecil, dari dalam diri kita sendiri.

Harapan itu kian menipis, ketika para elit di negeri ini seolah hanya pandai “berakting” saja. Kopyah dan jilbab selalu menemani mereka yang sudah beralih status menjadi “Tersangka”. Padahal sebelumnya entah mengenal atau tidak, entah pernah mengenakannya atau tidak.

Harapan itu kian terkikis, kala pengadaan Alquran pun bisa dikonversi menjadi sebuah peluang untuk menambah kekayaan segelintir orang dengan cara KORUPSI. Korupsi, korupsi, dan korupsi, seolah menjadi makanan wajib di kehidupan kita sehari-hari.

Tapi kita mestinya juga berbenah dengan apa yang bisa kita benahi dalam posisi kita. Dalam jabatan sekecil apapun, dalam keadaan sesulit apapun. Kita membenci korupsi, tapi jangan-jangan kita sendiri masih melakukan praktek korupsi dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi karena dalam hitungan berapa ribu rupiah, hal itu dianggap lumrah.

Akan sampai kapan Indonesia seperti ini, jika bukan kita yang memulai dari posisi dimana kita berada. Menunggu siapa lagi kita untuk berubah? Sedangkan tidak akan ada lagi pembawa perubahan besar seperti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ketika setiap dari kita menyadari begitu pentingnya peran kita dalam melakukan perubahan, semoga saja Allah Ta’ala membukakan pintunya untuk Indonesia. Pintu kecemerlangan dan kebangkitan dari keterpurukan panjang. Dari sisi moral, ekonomi, hukum, dan keadilan sosial yang menyeluruh.

Menyambut tahun baru Islam, “Jangan Hilang Harapan”, karena dari harapan dan doa yang terwujud dalam tindak tanduk kita itulah kita bisa memulai perubahan, meski dari lingkung yang terkecil.

Peristiwa hijrah Nabi Muhammad, telah mengajarkan bahwa sesulit apapun keadaan, selalu ada harapan untuk mereka yang percaya, bertindak, dan berada di jalanNya. Bukankah setiap kesulitan itu selalu diiringi dengan kemudahan?

Semoga kemudahan itu segera datang, untuk kita, untuk Indonesia. Aamiin.

Last modified on Selasa, 05 November 2013 01:27

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com