30 Dhu al-Qi'dah 1438 / Rabu, 23 Agustus 2017 / چهارشنبه, ۰۱ شهریور ۱۳۹۶

Perbedaan Peringatan Tahun Baru Islam Bagi Orang Awam

Selamat Merayakan Tahun Baru Islam 1435 H | LeKartu dr Lebaran.com Selamat Merayakan Tahun Baru Islam 1435 H | LeKartu dr Lebaran.com

Lebaran.com – Meski berada dalam satu kepercayaan yakni Islam, tetapi umat Islam sendiri memang terbagi-bagi menjadi berbagai golongan. Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah mengisyaratkan hal tersebut jauh-jauh hari sebelum banyak fenomena muncul umat Islam dengan aliran yang “aneh” di negeri ini.

Kaitanya dengan peringatan tahun baru Islam sendiri, terdapat perbedaan pendapat antara banyak ulama Islam. Kelompok ulama yang melarang peringatan tahun baru Islam, didasarkan pada dua alasan utama. Yakni, tidak pernah dilakukan pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selain itu, peringatan tersebut diindikasikan seperti perbuatan meniru-meniru (peringatan orang kafir). Apalagi, dalam Islam hanya ada dua hari raya yang jelas boleh dirayakan. Yakni Idul Fitri dan juga Idul Adha.

Sementara ulama yang memperbolehkan, juga memiliki alasan tersendiri. Yakni banyak dilakukan untuk kepentingan umat. Baik itu sebagai simbol persatuan umat, dan juga syiar agama dengan mengadakan kegiatan positif seperti pengajian, dan yang lainnya.

Sebagai orang awam, tentu saja kita harus mendinginkan kepala untuk melihat perbedaan ini dengan lebih jernih. Meskipun kita juga tidak bisa mengandalkan akal kita yang terbatas untuk menilai perbedaan-perbedaan yang terjadi. Karena jika itu yang kita lakukan, bisa berarti kita tidak mendahulukan Alquran dan Sunnah, karena lebih mendahulukan akal kita yang sungguh terbatas.

Penulis sendiri masih belum berani untuk berpendapat, manakah yang harus kita ikuti saat kita berposisi sebagai orang awam. Apalagi kita masih dalam proses belajar hal-hal mendasar. Dan perbedaan-perbedaan seperti seringkali membuat orang yang awam seperti penulis merasa ketakutan, ketakutan apakah ulama yang kita ikuti benar atau salah, karena masing-masing golongan banyak yang mengklaim pendapatnya yang paling benar.

Sebagai pembelajar, kita hanya bisa berhati-hati. Menghindari yang kita ragukan InsyaAllah akan lebih baik ketimbang memaksakan berpendapat benar atau salah terhadap sesuatu yang belum kita yakini kebenarannya.

Penulis sendiri lebih condong untuk tidak merayakannya secara berlebihan, apalagi yang mengarah kepada hura-hura. Seperti pawai berkeliling yang bisa mengganggu ketertiban umum. Menunjukan eksistensi Islam pun bukan dengan cara yang bisa merugikan, baik untuk kaum Muslim maupun masyarakat pada umumnya.

InsyaAllah, kita bisa memperingati sejarah ini dengan memperdalam ilmu, membuat tekad yang lebih baik di tahun yang baru, dan memperbaiki segala amal buruk yang telah terjadi di masa lalu.

Merayakan atau tidak, semestinya kita masih bisa saling menghormati. Memperingatkan teman yang keliru adalah kewajiban, tetapi menghindari perpecahan dan kerusakan juga tetap menjadi prioritas.

Semoga Allah Ta’ala menunjukan kita jalan yang diridhoiNya, yang membawa kita kepada surgaNya yang kekal. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin.

Last modified on Selasa, 05 November 2013 09:05

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com