29 Dhu al-Qi'dah 1438 / Selasa, 22 Agustus 2017 / سه شنبه, ۳۱ مرداد ۱۳۹۶

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

  • Written by  Ariyanto, seorang pembelajar yang ingin terus belajar. Baginya, membaca dan menulis adalah salah satu jalan mencari dan menemukan serta membagikan kebaikan. Penulis lepas di Lebaran.com
  • Rabu, 06 November 2013 12:53
  • font size decrease font size decrease font size increase font size increase font size
  • Print
  • Email
Illustrasi Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam | www.onislam.net Illustrasi Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam | www.onislam.net

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas tragedi 11 September di dunia, khususnya di Amerika Serikat. Meskipun banyak orang yang kemudian penasaran dengan Islam setelah kejadian itu, kemudian mempelajari Islam, tetapi lebih banyak lagi adalah orang yang menganggap bahwa “Islam” lah yang menyebabakan hal tersebut. Paradigma ini muncul dan menghantui setiap Muslim yang berada di negara-negara Barat. Bahkan, di beberapa negara Eropa, Muslim selalu mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan jika memperlihatkan atribut keislaman mereka, seperti mengenakan hijab.

Di California, Amerika Serikat, baru-baru ini dilaksanakan sebuah acara seperti halnya open house, yang bisa dihadiri oleh para Muslim dan juga non-Muslim. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang seimbang tentang apa itu Islam, dan bagaimana kegiatan seorang Muslim, agar tidak menimbulkan persepsi yang salah dari kalangan non-Muslim. Seperti diutarakan oleh Shakeel Syed sebagai Direktur Eksekutif Dewan Syura Islam California, sebenarnya banyak orang yang penasaran dan ingin mengetahui Islam lebih jauh, tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan informasi yang tepat mengenai Islam. Acara ini, menjadi salah satu media untuk para non-Muslim agar mendapat informasi yang tepat dan berimbang tersebut.

Acara dengan sebutan open day ini dilakukan di seluruh masjid yang ada di wilayah California. Para penduduk Muslim maupun non-Muslim bisa berkunjung untuk keliling masjid, melihat apa yang dipamerkan disana, dan juga melakukan komunikasi dengan para warga lainnya, baik Muslim maupun non-Muslim. Selain itu juga diperkenalkan budaya-budaya Islam dan juga makanan halal bagi penganut Islam. Open day juga membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin bertanya mengenai Islam, ataupun juga masalah umum. Kemudian petugas disana akan berusaha memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Sebenarnya semua penduduk khususnya non-Muslim boleh saja menghadiri masjid atau sekedar berkomunikasi dengan para warga Muslim lainnya di hari-hari biasa, tetapi agar tidak ada kecanggungan, dibuatlah acara ini agar lebih formal.

Acara yang dilakukan oleh komunitas Muslim ini mendapat pujian dari berbagai pihak karena mampu mempertemukan para penduduk dengan latar belakang, budaya, dan agama yang berbeda.  Salah satu pengunjung bernama Vicky Tamoush, seperti dilansir On Islam,mengatakan bahwa selama ini dirinya dan banyak orang telah memendam pemikiran yang keliru tentang Muslim dan Islam. Dia hanya mendapatkan informasi dari media-media Mainstream yang memang memojokkan Islam atau tidak menyukai Islam. Dirinya yang merupakan anggota Gereja Episkopal bahkan mengatakan acara semacam ini perlu digelar lebih sering, agar para warga mendapatkan informasi yang objektif tentang Islam. Selain itu, Tamoush juga mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak warga non-Muslim yang penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Islam. Tetapi sebagian besar tidak mengetahui cara mendapat informasi yang tepat tersebut, dan malu untuk bertanya langsung kepada para Muslim di hari-hari biasa, meskipun dia yakin akan tetap disambut dengan ramah.


Last modified on Friday, 08 November 2013 01:06

Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com