26 Dhu al-Qi'dah 1438 / Sabtu, 19 Agustus 2017 / شنبه, ۲۸ مرداد ۱۳۹۶

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Illustrasi Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman  | http://statik.tempo.co Illustrasi Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman | http://statik.tempo.co

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia terkait penyambutan Tahun Baru Islam, adalah kirab yang dilakukan di Solo, Jawa Tengah. Acara yang kental dengan budaya jawa tersebut memang telah menjadi daya tarik sendiri untuk para wisatawan di malam 1 Suro, atau malam 1 Muharram.

Perpecahan yang terjadi di keluarga Keraton Solo beberapa waktu lalu, dipastikan tidak akan menggangu kelancaran prosesi kirab yang akan dilakukan oleh Pemerintahan Kota Solo dan Keraton Solo pada malam 1 Suro nanti. Seperti dikutip dari Okezone, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang merupakan pengganti Jokowi akan melaksanakan kirab dari Balai Kota Solo menuju Keraton Kasunanan Surakarta untuk mendamaikan pihak yang berseturu yaitu kubu Gusti Moeng dengan PBXIII Hanggabehi dan Tedjowulan.Meski belum sepenuhnya berdamai, tetapi pihak terkait sudah sepakat dengan mediasi yang dilakukan bahwa mereka akan mengawal prosesi kirab 1 Suro nanti dan tidak menimbulkan kerusuhan. Mereka akan turut menjaga keamanan prosesi kirab dari konflik internal, dan prosesi tersebut pun akan diikuti oleh seluruh anak cucu raja.

Acara kirab 1 Suro memang sudah menjadi event budaya tahunan dan bahkan sudah tersiarkan ke mancanegara, sehingga tak sedikit pula para wisatawan asing yang ingin menyaksikan proses ini. Apalgi ada sebuah Kebo bernama Kebo Kiyai Slamet yang merupakan turunan ratusan tahun dari sebuah kerbau pemberian Bupati Ponorogo untuk Sultan Paku Buwono II. Walikota Solo yang akrab dipanggil Rudy, juga menegaskan bahwa perdamaian pihak Keraton merupakan hak masing-masing pihak, tetapi melestarikan Keraton Solo dan budayanya yang juga merupakan aset Internasional, adalah kewajiban bagi Pemerintah.


Kumpulan Artikel Tahun Baru Islam

  • 1
  • 2
  • 3
Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijamin Aman

Meski Terjadi Kemelut, Kirab 1 Suro Keraton Solo Dijami…

Lebaran.com – Salah satu tradisi yang terkenal di Indonesia ...

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahaman Baru Tentang Islam

Open Day di California Amerika Serikat Membawa Pemahama…

Lebaran.com – Islam masih dianggap sebagai biang kerok atas ...

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seorang Muslim?

Benarkah Paul Pogba, Sang Gelandang Juventus Itu Seoran…

Lebaran.com – Pemain sepak bola Muslim memang selalu menjadi...

Facebook

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Berita Lebaran Dari Media Yang Lain

Assalamualaikum Wr. Wb,

Mari yuk berkunjung ke Pasar di Lebaran.com,
Klik langsung saja >>> WWW.PASAR.LEBARAN.COM <<<

Pasar Lebaran.com adalah Situs pasang iklan GRATIS dari Lebaran.com.
Kawan bisa menjual dan membeli barang di Pasar Lebaran.com dengan mudah.
Yuk coba, langsung. Terima kasih!

Wa'alaikumsalam Wr Wb,

Pasukan Pasar Lebaran.com